Kamis, 11 Oktober 2012

Senam Punggung


Melakukan senam punggung ringan secara teratur, baik tiap hari sekali, atau seminggu sekali, kita dapat menghindar dari nyeri punggung, sakit punggung, ataupun kram tulang punggung.
Lakukanlah senam punggung ini secara rutin dan benar.

  1. Badan terlentang, dua kaki ditekuk. Angkat kaki kanan hingga dada, tahan selama 10 detik. Kembali ke posisi semula. Lalu ganti kaki kiri yang diangkat. lakukan bergantian masing-masing 10 kali.
  2. Dalam posisi terlentang kemudian angkat kedua kaki ditekuk hingga dada, tahan selama 10 detik. Kembali ke posisi semula. Lakukan berulang hingga 10 kali.
  3. Pada posisi terlentang kaki ditekuk. Angkat dada dan tahan 10 detik lalu turunkan. Ulangi 10 kali.
  4. Pada posisi terlentang lagi angkat lurus kedua kaki semampunya (30°-45°), tahan 10 detik, turunkan, dan ulangi 10 kali.
  5. Pada posisi terlentang, angkat kepala semampunya, tahan 10 detik, turunkan kepala dan ulangi 10 kali.
  6. Pada posisi duduk tekuk kedua kaki, angkat tangan kiri dan taruh kelutut kanan.Tahan 10 detik. Kemudian bergantian tangan kanan ke lutut kiri.Tahan 10 detik. dan ulangi bergantian 10 kali.
  7. Pada posisi tengkurap,taruh kedua tangan di belakang kepala dan angkat kepala semampunya. Tahan 10 detik dan turunkan kembali kepala Anda. Ulangi 10 kali.
Gerakan senam ini untuk melatih otot, bantalan dan tulang punggung kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar